Monday, November 30, 2009

KULINER DI MANADO

Bagi anda penggemar kuliner nusantara,kali ini anda akan diajak untuk mengenal masakan khas dari Manado.

Sambal Dabu-dabu
Pencinta masakan pedas pasti tidak mau ketinggalan dengan sambal yang satu ini. Sambal ini sangat terkenal di Manado. Rasa nya tidak jauh dari rasa pedas,namun ada satu ciri khas dari sambal ini,yaitu rasa limau nya yang sangat kuat. Biasanya sambal ini di sajikan dengan ikan bakar.

Nasi Kuning Daun Lontar
Nasi kuning pasti ada disetiap daerah yang kita temui. Warnanya pasti kuning sesuai dengan namanya. Namun ada yang unuk dari nasi kuning dari Manado ini, cara penyajiannya. Nasi kuning yang disajikan dengan menggunakan daun lontar. Dimana nasi kuning di bungkus di dalam daun lontar dan disajikan berupa buntalan - buntalan.

Tinutuan
Tinutuan adalah bubur Manado. Bubur satu - satunya yang disajikan dengan aneka sayur.Makanan ini terdiri dari beras, jagung, air, garam, ubi merah, labu kuning, singkong, bayam, kangkung, daun serai, kunyit, daun bawang dan kemangi. Makanan ini biasanya disajikan dengan ikan jambal asin goreng, tahu, tempe dan sambal terasi.
Tinutuan sendiri artinya semrawut atau campur aduk dalam bahasa daerah. Ini dikarenakan karena bubur ini dibuat dari berbagai macam bahan. Tetapi juga karena itu bubur Manado ini mengandung banyak gizi dan serat yang baik untuk pencernaan dan kesehatan. Bubur ini biasa disajikan untuk sarapan pagi.

Panada
Cemilan yang digemari di Manado adalah panada. Panada adalah salah satu kue khas Manado yang berupa kue pastel yang diisi dengan ikan laut cakalang dibumbu panpis (bumbu panpis adalah ikan cakalang dimasak dengan bawang merah, daun jeruk, kemangi, cabe merah, daun bawang, sedangkan ikannya disuir kecil-kecil).Rasanya gurih sekali.Tertarik mencoba?

No comments:

Post a Comment